Bisnis

Tren Startup 2021, Sektor Logistik Akan Meningkat Pesat

Virus Corona yang masuk mulai tahun 2020 lalu, memberikan dampak pada banyak lini. Tak terelakkan di bidang ekonomi yang mau tak mau mempengaruhi perusahaan rintisan. Di tahun 2021, diprediksi masyarakat akan lebih tertarik dengan startup. Ditaksir beberapa startup baru juga akan lahir meramaikan kancah perusahaan rintisan.

2021 Pemain Startup Akan Makin Semarak

Tren Startup 2021

Pendiri Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (Aditif), Saga Iqranegara dilansir dari Bisnis.com mengungkapkan jika penggunaan teknologi di masa pandemi semakin tinggi. Tidak hanya itu saja, diprediksikan para pemilik modal di produk teknologi juga akan meningkat. Beberapa startup di bidang mulai dari agrikultur, kesehatan, pendidikan dan keuangan akan banyak lahir.

Bidang bidang tersebut telah memiliki ekosistem industri yang telah siap. Baik dari talentanya, infrastruktur, permodalan hingga teknologi pendukung. Saga Iqranegara juga menuturkan bahwa akan ada kemungkinan kolaborasi ataupun merger antar pelaku perusahaan rintisan. Karena mulai banyak yang sadar jika merger akan memberi banyak benefit.

CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro menyebutkan untuk para milenial yang ingin terjun dalam bidang startup, maka harus memperhatikan tren startup yang ada. Di tahun sebelumnya, investor akan lebih berminat pada bidang e commerce, edutech, technology dan juga finansial. Sementara tahun ini bidang kesehatan juga asuransi mulai dipertimbangkan.

Prediksi ini berdasarkan masyarakat yang menjadi lebih aware akan pentingnya kesehatan dan asuransi saat pandemi. Ketahanan pangan juga penting diperhatikan, sehingga bidang agrikultur juga masih memiliki peluang lebar. Karena pandemi memang membuat model bisnis perusahaan rintisan menjadi berubah.

Eddi Danusaputro juga berujar untuk startup yang memiliki dana terbatas, harus berakrobat dan melakukan kegiatan kreatif guna menghemat dana. Selain itu sebaiknya tidak bakar uang dengan menghamburkan cash yang ada. Dengan begitu, di tahun 2021 masih bisa bertahan ataupun semakin berkembang.

Baca Juga Artikel Berikut : Serba Digital, Mari Mengintip Peluang Startup Online Grocery di Indonesia

Sektor Perusahaan Rintisan Logistik Tidak Mau Kalah

Tren Startup 2021

Lesatan pertumbuhan bisnis logistik terutama di kalangan perusahaan rintisan juga akan melesat. Menurut Edward Ismawan Chamdani, Bendahara dari Amvesindo (Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia) Pola belanja masyarakat yang biasanya ke mall atau retail, saat ini jadi terbiasa daring. Dengan begitu kebutuhan pengiriman barang akan semakin meningkat.

Didukung dengan geliat e commerce yang terus subur secara eksponensial. Kondisi ini menurut Edward akan memberikan dampak baik pada pertumbuhan di bidang logistik. Apalagi geliat e commerce juga terus bertumbuh subur. pandemi juga melumpuhkan ruang gerak masyarakat.

Berdasarkan studi yang dilakukan Google, Temasek dan Bain tahun 2002, Transaksi e commerce di Indonesia mengalami peningkatan hingga dua kali lipat sejak munculnya pandemi. Dimana transaksi mencapai US$ 32 Miliar, meningkat 54 persen dibandingkan tahun 2019. Edward juga menyebutkan jika logistik yang fokus di e commerce akan mengalami transaksi melimpah.

Adanya angin segar ini juga diamini oleh Beni Syarifudin selaku pemilik Trawl Bens. Startup logistik pertama Indonesia ini tumbuh melesat di tahun 2020 lalu, di tahun 2021 juga akan menjadi tren. Mengingat bidang ini termasuk bisnis yang akan tahan banting. Modal yang dibutuhkan juga tidaklah besar.

Trawl Bens sendiri saat ini mulai membangun 5 kemitraan yakni, mitra kurir motor, mitra bisnis, mitra pool warehouse, mitra transporter mobil dan juga mitra space. Adanya langkah ini membuka gerbang untuk mereka yang ingin terjun dalam dunia startup logistik. Langkah Trawl Bens juga bisa dijadikan ancang ancang akan melesatnya bisnis satu ini.

Tren akan perusahaan rintisan memang akan cenderung berubah terkait dengan situasi yang berlangsung. Memanfaatkan tren yang berlangsung bisa memberikan keuntungan, tetapi harus memiliki prediksi dan strategi yang mantap. Startup logistik bisa dipertimbangkan seiring dengan startup digital yang melaju begitu pesat akhir akhir ini.

Please follow and like us: