Bisnis

Serba Digital, Mari Mengintip Peluang Startup Online Grocery di Indonesia

Teknologi yang berkembang semakin pesat, adanya pandemi yang meningkatkan belanja online dan kebutuhan harian yang harus terpenuhi, bisa dijadikan latar belakang munculnya Online Grocery. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa startup bidang ini yang sudah beroperasi. Sebenarnya, bagaimana peluang perusahaan rintisan bidang ini kedepannya.

Prospek Online Grocery Di Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Mengintip Peluang Startup Online Grocery di Indonesia

Semenjak pandemi, berbelanja tidak bisa bebas seperti sebelumnya. Yang awalnya masyarakat datang ke mall atau toko kelontong, saat ini mulai melirik layanan secara online. Selain memenuhi peraturan pemerintah untuk menjaga jarak dan tetap di rumah jika tidak urgent selama pandemi Corona ini, adanya grocery online juga lebih praktis.

Masyarakat bisa memesan semua kebutuhan sehari hari, dari bahan makanan sampai dengan sayuran dan buah buahan hanya dalam genggaman. Bentuk yang diusung on demand, sehingga pesanan akan langsung diantar. Terutama untuk yang bergerak di bidang sayuran ataupun agritech lainnya, yang mengutamakan kesegaran.

Menurut The Institute of Grocery Distribution (IGD) Asia, memaparkan jika nilai pasar online grocery tumbuh sekitar 198 persen di tahun 2019. Dari angka US$ 99 Miliar diprediksi akan meningkat hingga US$ 295 miliar di tahun 2023. Dan Asia Tenggara menjadi target pasar yang akan mendapatkan pertumbuhan yang begitu signifikan.

Di Indonesia sendiri, belanja grocery secara online sudah ada sejak tahun 2013. Pemain pasar ini seperti SeroyaMart yang bertahan hingga kini. Tahun berikutnya, pemain baru Honestbee muncul dan hanya bertahan 1,5 tahun saja. Deretan pemain lainnya seperti SayurBox, HappyFresh, Eden Farm, GoMart, KeSupermaket sampai yang terbaru GrabFresh.

Bahkan kini sudah ada Warung Tradisional yang disulap menjadi lebih modern yakni Warung Pintar. Startup Warung Pintar sendiri berangkat dari hadirnya warung warung kecil di setiap kota di Indonesia. Peluang startup di bidang online grocery atau di Agritech memang masih responsif dan terbuka lebar. Mengingat masyarakat harus memenuhi kebutuhan tersebut setiap hari.

Baca Juga Artikel Berikut : Merger Gojek Tokopedia di Depan Mata, Ini Rencana Besarnya

Tak Sedikit Yang Mendapatkan Pendanaan Investor

Mengintip Peluang Startup Online Grocery di Indonesia

Happyfresh sendiri sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015 dan sudah ekspansi di 11 kota dan 3 negara. Di tahun 2019, Happyfresh berhasil mendapatkan pendanaan seri C sebesar $20 juta atau setara Rp 282 Miliar. Daily Social.id menyebutkan jika valuasi dari Happyfresh berhasil di atas US$100 juta. Mitra HappyFresh juga semakin luas, salah satunya GrabFresh.

Tidak ketinggalan Eden Farm yang membuat masyarakat bisa membeli sayuran langsung dari petani. Produk pertanian yang berkualitas serta harga ramah menjadi penawarannya. Eden Farm berhasil mendapatkan pendanaan di tahun 2019 senilai $1,7 Juta dari beberapa investor. Dan kabar barunya Eden Farm sudah menutup pendanaan Pra Seri A di bawah pimpinan Investible.

Warung Pintar yang mantap bergerak di bidang kebutuhan selain buah dan sayur. Kini telah memutuskan untuk mengakuisisi Bizzy Digital sebesar Rp 631, 15 Miliar. SayurBox juga menyandang status centaur berkat pendanaan dari Insignia Venture, Tokopedia, East ventures dan Patamar Capital.

Startup bidang online grocery memang tidak selamanya mulus. Tetapi di masa pandemi seperti saat ini, ketahanan pangan di Indonesia tetap perlu diperhatikan. Beberapa startup sudah menggandeng ritel besar di Indonesia. Karena persaingan online grocery di Asia Tenggara begitu ketat, sama halnya di Indonesia hadirnya e commerce juga mulai kebut layanan grocery.

Masa depan dari online grocery sendiri masih terbilang cerah. Indonesia juga menjadi negara dengan petani yang banyak. Menggandeng para petani, distributor lokal dan UMKM akan menjadi langkah bijak untuk memulai bisnis satu ini. Hanya saja, perlu adanya perubahan kultur di masyarakat terutama ibu rumah tangga untuk belanja online.

Please follow and like us: